Rabu, 27 Juni 2012

Terbukti, Bayam Bikin Berotot Seperti Popeye


Masih ingat tokoh kartun Popeye? Pasti Anda ingat juga popeye suka sekali memakan sekaleng bayam dan langsung akan berubah menjadi lebih kuat saat akan menyelamatkan kekasihnya, Olive.


Well, ternyata Popeye benar lho! Para peneliti Institut Karolinska di Stockholm telah membuktikan kebenaran tersebut.




Menurut para ahli, senyawa nitrat yang terkandung dalam bayam diketahui bisa memperkuat otot tubuh. Nitrat dapat meningkatkan produksi dua protein kunci untuk kekuatan otot. Kedua protein ini digunakan untuk menyimpan dan melepaskan kalsium yang sangat penting untuk membuat otot berkontraksi.



Menggunakan tikus, peneliti memasukkan nitrat ke dalam air minum selama satu minggu. Kemudian, peneliti membedah dan membandingkan otot tikus yang diberi air minum dengan campuran nitrat dan kelompok tikus yang tidak diberi nitrat.



Nitrat yang diberikan pada tikus setara dengan porsi konsumsi manusia sekitar 200-250 gram sayur bayam setiap hari.



Temuan yang dipublikasikan dalam Journal of Physiology menunjukkan bahwa tikus-tikus yang mendapat asupan nitrat memiliki otot yang lebih kuat secara konsistenn.



"Yang paling menarik adalah, hanya dengan mengonsumsi bayam dapat membantu meningkatkan fungsi otot, khususnya mereka yang mengalami kelemahan otot, penyakit otot dan penurunan otot akibat penuaan," ungkap peneliti Andres Hernandez dilansir melalui Dailymail (26/6).


Sumber : ghiboo.com